Bismillah,

Adalah hal yang baik, apabila kita selalu berbaik sangka pada orang lain. Jangan sekali-kali kita berburuk sangka pada orang lain, hanya melihat dari kejauhan (atau tidak melihat sama sekali), tanpa validasi dan verifikasi, langsung menuduh orang lain dengan kejelekan yang tidak terkira.

Janganlah suka mencari-cari aib dan kekurangan orang lain, ingat lah kekurangan diri kita sendiri. Lebih baik sibuk memperbaiki diri, daripada memeriksa kekurangan dan cacat pada orang lain.

Sangat di khawatirkan, orang yang suka mengghibah orang lain, akan merugi di hari kiamat, saat pahala amal nya di berikan pada orang yang ia ghibahi selama di dunia. Alangkah ruginya.

Kalau ternyata tidak benar, maka bukan ghibah, melaikan fitnah, yang ini lebih berbahaya lagi.

Bagi siapapun yang jatuh dalam perbuatan Ghibah apalagi Fitnah, maka selama masih ada umur, selama orang yang di Dzalimi masih hidup, segeralah minta maaf, agar selamat, karena dosa Kedzaliman itu di khawatirkan mendatangkan azab dari Allah Ta’ala.

Tulisan ini adalah teguran untuk diri saya pribadi, semoga Allah mengampuni kami, semoga Allah selalu menjaga kami dan orang-orang yang kami mencintai mereka karena Allah.

Semoga Allah mengumpulkan kami bersama orang-orang yang kami mencintai mereka karena Allah di Jannatul Firdaus kelak. Aamiin

Bahan Bacaan:

  1. upaya melanggengkan persahabatan