Bismillah,

Hal yang penting yang saya rindukan saat ini adalah disconnect dari internet. Internet telah menyita banyak waktu saya, sehingga saya memutuskan untuk mengurangi paket internet di siang hari. Paket yang saya pilih untuk Tablet Advan saya yang berfungsi sebagai Wifi Hotspot adalah Paket dinihari dari Axis untuk sebulan sebesar 5 GB yang aktif jam 1-7 WITA seharga sekitar Rp19.900.

Di era WhatsApp sudah menggantikan SMS dan telpon biasa, sehingga kebanyakan orang sudah menggunakan pesan WhatsApp dan telpon WhatsApp sebagai media komunikasi utama. Saya menggunakan iPhone 5s sebagai Smartphone utama untuk pemakaian WhatsApp.

Sebelumnya, saya berencana untuk tidak mengaktifkan WhatsApp kecuali di bawah jam 7 pagi saat masih aktifnya paket dinihari, namun ternyata ada info penting yang terluput dari saya, yang mana infonya tentunya di kirim lewat WhatsApp. Oleh karena itu, saya memutuskan menggunakan paket khusus chat bulanan dari Axis untuk akses WhatsApp.

Pekerjaan terkait IT bagaimana? nah, karena saya punya paket 5 GB Axis yang aktif jam 1-7 WITA, saya berkesempatan pada sekitar jam 4.00 selama -+ 30 menit untuk:

  • Mendownload hasil backup dari server-server yang saya kelola
  • git push ke github
  • dan hal lainnya pada waktu yang terbatas tersebut.

Kalaupun perlu paket harian untuk 24 jam pada hari tertentu, tersedia paket harian pada kartu Axis. Sehingga saya rasa cukup hemat karena jarang saja di perlukan paket harian ini.

Bagaimana cara beli paket data dari Axis? Bisa dari *123# yang mana tersedia pilihan paket dinihari bulanan dan paket harian.

Kesimpulan tulisan ini, adalah usaha agar waktu bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat daripada hanya terbuang percuma browsing berita internet atau hal yang kurang bermanfaat lainnya. Waktu sangat berharga sehingga saya berusaha untuk tidak melakukan koneksi internet kecuali penting.

Demikian dari saya, siapa tahu ada yang tertarik, semoga bermanfaat.

Alhamdulillah

Catatan:

  • Update 19 September 2021: Penyesuaian dengan paket data saat ini dan perubahan lainnya.
  • Update 23 September 2021: Penyesuaian dan perubahan lainnya.
  • Update 25 September 2021: Penyesuaian dan perubahan lainnya.